Menjadi Melakukan Mempunyai

"Success is My Right" Orang yang berhenti belajar akan menjadi pemilik masa lalu. Orang yang masih terus belajar, akan menjadi pemilik masa depan... dan salah satu pengkerdilan terkejam dalam hidup adalah membiarkan pikiran yang cemerlang menjadi budak bagi tubuh yang malas, yang mendahulukan istirahat sebelum lelah....

Minggu, 11 September 2011

Sikap Tanggung Jawab


Hidup adalah serangkaian tanggung jawab begitu kata sang motivator lalu apa itu Tanggung Jawab? Tanggung Jawab atau responsibility adalah gabungan dari respon dan ability yang berarti kemampuan merespon nah.... perlunya membina kemampuan Bertanggung Jawab inilah inti kisah ini.

Dengan melaksanakan sepenuh hati setiap tanggung jawab yang diberikan, maka kita akan menjadi mutiara. indah yang akan terus mengkilap dalam setiap episode kehidupan yang akan dijalankan.

Okey sobat delphi,,,langsung meluncur  ke TKP.
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Dikisahkan, disebuah keluarga mempunyai anak simata wayang. Ayah dan ibu sibuk bekerja, dan karena merasa si anak adalah anak satu-satunya, maka mereka cenderung memanjakannya dengan berbagai fasilitas. Hal tersebut membuat si anak tumbuh menjadi anak yang manja, malas, dan pandai berdalih untuk menghindari segala macam tanggung jawab.
Setiap kali si Ibu menyuruh untuk membersihkan kamar, membereskan barang-barang atau sepatunya sendiri, ia dengan segera menjawab ; "Aaaah Ibu,,, Kan ada si Bibi yang bisa mengerjakan semua itu, lagian untuk apa dibersihkan, toh nanti kotor lagi". Demikian pula jika diminta untuk membantu membersihkan rumah atau tugas lain, saat si Pembantu pulang, anak itu selalu berdalih dengan berbagai alasan yang tidak masuk akal agar tetap bisa bermain atau bermalas-malasan menghabiskan waktu.
Ayah dan Ibupun sangat kecewa dan sedih melihat kelakuan anak tunggal mereka. Apalagi, mereka tahu bahwa sebenarnya hal itu juga terjadi karena kebiasaan mereka memanjakannyalah yang membuat si anak berbuat demikian. merekapun kemudian berfikir keras....!!! bagaimana cara mengubah sikap si Anak? Mereka pun berniat memberi Pelajaran kepada anak tersebut. Ayah dan ibupun berdiskusi panjang lebar untuk memberikan pelajaran kepada anaknya agar tak lagi berbuat demikian.
karena itu, suatu hari atas kesepakatan bersama, uang saku yang rutin diterima si anak setiap hari, pagi itu tidak diberikan. Si anakpun protes dengan kata-kata Kasar. "Mengapa papa tidak memberiku uang saku? Papa dan mama sudah tidak sayang lagi dan mau melihat aku mati kelaparan disekolag ya".
Sambil tersenyum Si Ayah menjawab "Pergilah kesekolah. Untuk Apa Uang Saku Toh Nanti Habis Lagi".
Demikian pula saat sarapan pagi, dia duduk dimeja makan tetapi tidak ada makanan yang tersedia. anak itupun kembali protes. "Ma Lapar nih, mana makanannya? aku buru-buru mau masuk sekolah."
"Untuk apa makan? Toh nanti Lapar lagi?" Jawab si Ibu dengan tenang.
Sambil kebingungan Si Anak berangkat kesekolah tanpa bekal uang dan perut kosong. Seharian di sekolah dia merasa tersiksa, tidak bisa berkonsentrasi karena lapar, jengkel dan sakit hati. Dia merasa ada yang tidak biasa dengan perlakuan orang tuanya. ia bahkan kemudian berprasangka kalau orang tuanya sekarang sudah tak peduli dan tidak lagi menyayanginya.
Melihat anak yang terus uring-uringan dengan kejadian yang tak seperti biasanya itu, maka pada malam hari, sambil menyiapkan makan malam, sang Ibu berkata Lembut. "Anakku, Saat akan makan kita harus menyiapkan makanan di dapur. Setelah itu ada tanggung jawab untuk membersihkan perabot kotor bekas memasak. Tidak ada alasan untuk tidak mengerjakannya dan akan terus begitu setiap hari selama kita harus makan untuk kelangsungan hidup. Sekarang makan besok juga makan lagi. Hari ini mandi nanti kotor dan harus mandi lagi.hidup adalah rangkaian tanggung jawab setiap hari harus mengulangi hal-hal baik.jangan berdalih tidak mau melakukan ini itu demi karena dorongan kemalasan dan keinginanmu untuk sekedar bermain-main. Jika mau makan ya harus bersih-bersih, kalau mau bersih ya harus pergi mandi.Jika hidup hanya ingin seenaknya saja tanpa mau melakukan tanggung jawabnya, berarti kita telah menyia-nyiakan semua karunia yang telah diberikan oleh Tuhan kepada kita. Ibu harap kamu mengerti."
Si anak menganggukkan kepala...ya Ayah, Ibu, maafkan perbuatan ananda selama ini, yang hanya mau bermain dan bermalas-malasan saja, ananda fikir, sebagai anak tunggal, semua kebutuhan ananda telah dipenuhi semua sehingga ananda tidak perlu lagi melakukan apapun. Mulai sekarang ananda akan berubah. Tolong ajari ananda ya Bu,,,, ananda berjanji akan belajar dengan giat dan tidak akan mengulangi kejadian yang sama lagi.
Sahabat delphi yang berbahagia............!!!!
Dalam setiap kehidupan kita selalu memikul tanggung jawab. Sedari kecil remaja, dewasa hingga tua, kita akan terus-menerus melakukan aktivitas-aktivitas kecil maupun besar sebagai bentuk kewajiban yang kita emban. Dan jika kita mengabaikannya, dampak negatif akan kita rasakan.
maka dengan tanggung jawab yang di emban itu, kita justru akan menjadi manusia yang utuuh, yakni mampu berperan dalam kehidupan, apapun bentuk dan hal yang kita lakoni. Dan dengan melaksanakan semua tugas dan tanggung jawab itulah disadari maupun tidak kita pasti akan berkembang dengan segala kemampuan yang kita miliki ibarat Mutiara ia akan indah saat "Tanggung jawabnya dijalankan. dengan menjadi perhiasan dikalung, di gelang atau cincin dan bukan sekedar menjadi mutiara yang tenggelam dalam cangkang tiram begitu juga kita. Dengan melaksanakan sepenuh hati setiap tanggung jawab yang diberikan, maka kita akan menjadi mutiara. indah yang akan terus mengkilap dalam setiap episode kehidupan yang akan dijalankan.
karena itu hanya dengan selalu melakukan kebiasaan positif, dengan kesadaran penuh dan di lakukan secara terus-menerus, maka sikap tanggung jawab akan menjadi ciri khas kita yang dapat membawa diri pada kehidupan yang lebih baik dan lebih bermutu.
Marilah sobat delphi kita kembangkan sikap tanggung jawab maka kita akan menjadi manusia-manusia hebat disetiap peran yang kita jabat.
Salam Sukses Luar Biasa dan selalu tanamkan dalam diri bahwa Success is My Right
By:delphi
Sumber informasi: Buku yang berjudul Andrie Wongso 22 Wisdom & Success
Semoga Kisah singkat ini bisa menginpirasi kita untuk terus belajar kehidupan dan bermaanfaat bagi sahabat-sahabat delphi yang lain,,,, amin

1 komentar:

delphiforex mengatakan...

Hidup adalah serangkaian tanggung jawab begitu kata sang motivator lalu apa itu Tanggung Jawab? Tanggung Jawab atau responsibility adalah gabungan dari respon dan ability yang berarti kemampuan merespon nah.... perlunya membina kemampuan Bertanggung Jawab inilah inti kisah ini.

Posting Komentar

Komentar Pembaca

Motivasi Sukses dalam Hidup Copyright © 2011 | Template created by O Pregador | Powered by Blogger