Menjadi Melakukan Mempunyai

"Success is My Right" Orang yang berhenti belajar akan menjadi pemilik masa lalu. Orang yang masih terus belajar, akan menjadi pemilik masa depan... dan salah satu pengkerdilan terkejam dalam hidup adalah membiarkan pikiran yang cemerlang menjadi budak bagi tubuh yang malas, yang mendahulukan istirahat sebelum lelah....

Selasa, 06 September 2011

Berubah itu dari dalam keluar bukannya mengubah casing / penampilan saja


The change is from inner to outer. We start by dissolving our attitude not by altering outer conditions 
Berubah dimulai dari dalam keluar. Kita memulainya dengan memperbaiki sikap kita, bukan mengubah kondisi kita dari luar.

Tekad kita untuk mengubah sikap seringkali dimulai dengan mengganti penampilan kita. Harapannya adalah dengan penampilan yang berubah, sikap batin kitapun juga ikut berubah. Namun seringkali perubahan yang dimulai dari luar hanya mengganti penampilannya saja, sedangkan pola fakir dan sikap kita tetep seperti dulu. Temen delphi dari bilang dari jember dia berkata “amshong,,, nyo” atau boleh dikatakan sama juga bohong. Hohohoho

Mengubah sikap miskin mental seperti malas, tidak disiplin, mudah menyerah, kurang kerja keras, tak menghargai waktu dan sebagainya dimulai dengan kesadaran bahwa sikap itu memang harus diubah. Rasa malas itu dibuang bukan dengan cara mengubah penampilan, tetapi tekad bulat yang berasal dari dalam diri. Ketika kita menyadari malas itu tidak baik. Hal pertama yang terjadi adalah batin kita meyakininya. Dengan keyakinan dan tekad bulat dari dalam diri, setiapkali ada godaan untuk bermalas-malasan akan dengan mudah disingkirkan. Begitupun saat akan mengubah sikap miskin mental lainnya dengan kesadaran penuh dari dalam diri. Perubahan itu akan mudah dilakukan.

Namun membangun sikap akan kaya mental perlu proses dan Delphi pernah bilang bahwasannya “Proses lebih penting daripada Sasaran” butuh waktu yang lama untuk semuanya itu bukan sekali jadi atau instant. Sikap perilaku baik seringkali harus dipaksa dan diulang secara terus menerus tanpa henti hingga akhirnya kemudahan menjadi kebiasaan. Ketika sudah menjadi kebiasaan, sikap kaya mental itu akan menyatu dengan diri kita dan kemudian akan menjadi karakter kita.

Dan saat itu telah terjadi, maka apapun kondisi dari luar kita, bekal kekayaan mental yang telah kita bina akan muncul sebagai kekuatan untuk “Mengendalikan” perubahan di luar kita. Sehingga, segala tantangan halangan, dan rintangan akan bisa kita taklukkan dengan penuh keyakinan.

“Engkau boleh miskin kantong namun janganlah engkau miskin Mental”

Catatan kecil ini delphi ambil dari buku bapak Andrie Wongso yang berjudul “Bruce Lee 40 Spirit of Success”
Semoga catatan singkat ini bisa bermanfaat bagi pembaca setia blog delphi
Salam Sukses Luar Biasa
by: www.delphigold.blogspot.com


0 komentar:

Posting Komentar

Komentar Pembaca

Motivasi Sukses dalam Hidup Copyright © 2011 | Template created by O Pregador | Powered by Blogger